Tuesday, August 23, 2011

Chasing Scholarship #2

“Tuntutlah ilmu sampai ke negeri gajah!”

Itu semboyannya si Kamen Rider kalau nyemangatin aku. Hehehe… dan dalam rangka itu juga, diperlukan perjuangan yang nggak mudah buat menaklukkannya.

I had just back from Jakarta last Sunday. Here I am now, in Bangkok (coret) again, but now officially with different funding status. Yeaaaahh!!! I got the scholarship, yes, the Beasiswa Unggulan Dikti.

Kinda surprised when I saw my name was on the list. Sebenernya aku setiap hari ngecek website Dikti sih, dan sialnya adem ayem aja selama 2 minggu aku di Bangkok. Bikin aku gelisah nggak karuan. Kalo nggak dapet, aku harus bener-bener menjalankan Plan B nih, cari beasiswa on going yang ada di sini. Dan pasti bakalan ribet karena kedobel sama kegiatan kuliah yang bikin otakku almost exploding. Dan Alhamdulillah sungguh Allah maha pengasih lagi maha penyanyang, bahkan kepada umatnya yang satu ini…, bener-bener rezeki di bulan Ramadhan yang hebat! (sujud syukur)

Nggak tau kenapa, Dikti memang suka bikin kejutan buat peserta beasiswanya, kali ini pun pengumumannya sangat mendadak. Tanggal 15 Agustus, jam 8an malam, lagi asik nggarap tugas (sambil fesbukan tentunya :D), iseng ah “klik-klik website Dikti hari ini”. Sempat terhenyak beberapa detik stelah lihat ada update-an baru. “Pengumuman hasil wawancara penerima Beasiswa Unggulan S2/S3 Luar Negeri Dikti 2011”. Jantungku deg-degan makin cepet, rasanya seperti melihat pengumuman UM UGM 6 tahun lalu. Klik. Klik klik. Unduh unduh. Klik. Aku buka file PDF pengumumannya. Scroll, scroll, scroll… dan berhentilah di angka 30 lampiran pertama. Atrida Hadianti, UGM, AIT, Thailand, Technology, MS. THAT WAS ME!!!

Jantungku kayak mau lompat dari badan, aku teriak-teriak sendiri, loncat-loncat, koprol-koprol di kamarku yang sempit ini. Aku SMS papa, mama, adik, Kamen Rider, aku buzz YM, gtalk, tapi semuanya membisu. Aku heran, kenapa juga waktu kayak gini semuanya unavailable sih? Sejam aku cuma seneng-seneng sendiri, nggak lupa sujud syukur, memanjatkan segala puji bagi penciptaku. Dan kemudian si Kamen Rider mulai merespons, papa mamaku juga langsung telpon, ternyata di rumahku lagi heboh karena si Gajah (nama ikan koi) udah hampir mati, dan tadinya papa mama repot meresusitasi dia. Hmmh, Alhamdulillah dia selamat. Dan mereka pun juga seneng. Yeaaah, finally I made it. Berat lho beban pergi sekolah ke luar negeri dengan status self-support, rasanya kayak gimanaaa gitu. Dan satu lagi, rasanya nggak keren, karena selalu ada pertanyaan, “You already get scholarship?” atau “Beasiswanya dari mana?” dan aku cuma bisa senyum pahit, hiks.

Rupanya kesenengan saya nggak bisa berlangsung lama, karena terlampir pada surat yang sama, harus dikirimkan beberapa dokumen yang ampun banget susahnya (buatku disini). Surat ijin rektor atau kepala SDM…, lha aku kan masih belum terikat sama universitas mana pun. Ada teman UGM yang dapat beasiswa juga bilang bisa mengurus suratnya barengan. Hm, tapi apa ikatanku sama UGM sekarang, selain alumni? Lha buat jadi dosen di kampus sendiri IPK-ku nggak nyampe… (sedih). Belum lagi surat-surat kontrak yang harus tanda tangan di atas materai. Disini gimana cari materai cobaaaa?? Aku sampai muter-muter nyari orang-orang Indonesia di kampus ini, begging-begging buat ngasih materai. Ehh… ternyata dapet juga. Horeee! Maka lengkapkah sudah dokumen yang harus saya kirim. Udah tanya-tanya juga ke mail service di kampus, biayanya sekitar 250000 rupiah lah buat ngirim ke Indonesia. Alamak. Tapi nggak apa-apa, demiiii… :D

Oke, jadi ceritanya dokumen udah siap kirim nih, insya Allah sebelum tanggal 22 udah sampai ke Jakarta. Eladalah, tau-tau aku (iseng) buka website Dikti lagi, kok ada undangan pembekalan, dan nampaknya wajib datang. Piye iki? Aku tanya ortu, dan mereka bilang penting buatku datang. Hmm, nggak segampang itu sebenernya buat bolak-balik keluar masuk Thailand seenak jidat. Diperlukan ketenangan dan kejernihan pikiran. Nggak percaya? Simak kehebohanku ini.

Oke, itu hari Selasa malam, aku bingung menentukan harus ke Jakarta apa nggak. Dan udah agak malam juga ketika ortuku mantep member keputusan “Kamu harus ke Jakarta,”. Oke, dan aku pun segera connect ke internet, airasia.com. Sialnya, 48 jam sebelum keberangkatan udah ditutup online bookingnya. Aku stress semalaman!

Besoknya, dengan nasib tiket masih terlunta-lunta, aku nekat ke GRU, bikin permohonan buat ambil passport. Disuruh isi form ini-itu, dan menunggu buat ke imigrasi untuk visa re-entry. Dan hari itu aku terdampar di Ayutthaya bersama rombongan keluarga dari Pakistan!! Bukan jalan-jalan liatin kotanya yang kuno dan eksotis, tapi totally doing nothing, cuma duduk dan ngobrol-ngobrol aja di depan kantor imigrasi. Sampai hampir dua jam ‘tenguk-tenguk’ geje seratus persen, si ibu GRU keluar menenteng paspor kami semua dan mengajak pulang ke kampus. HAAAAH? Gini doang?? :o (lesson learned: lain kali bawalah buku, majalah, TTS atau benang dan hakpen sebelum mengurus visa re-entry). 

(kantor imigrasi di Ayutthaya)

(adik-adik Pakistan yang lucu-lucu...)

(pemandangan di depan kantor imigrasi)


Kabar gembiranya, akhirnya dapat juga tiket PP Bangkok-Jakarta! Alhamdulillah… kalau memang jodoh, lancarkanlah jalanku ya Allah…, tinggal selangkah lagi, mendekat dunk jodohku… Hehehe.

And the journey continue...

---
Previous story Chasing Scholarship #1

15 comments:

  1. atid
    aku harus banyak bertanya padamu
    aku mau BU jugaaaaaaaa

    ReplyDelete
  2. anyway

    congrat!!!

    slamat menempuh hidup baru ^^

    ReplyDelete
  3. Oke mb kikiii... Silakan aja... Aku ol di ym terus kok.
    Kalo emg ngerti aku jawab pasti ;)

    Thanks anywayyy...

    ReplyDelete
  4. selamat
    moga sukses cita-citanya aamiin :)

    ReplyDelete
  5. Hahaha, aku suka bagian tengtengcrit (tenguk-tenguk crito) geje dua jam itu XD
    Goodluck buat scholarshipnya, semoga sukses! ^^d

    ReplyDelete
  6. hahaha... itu beneran geje kaaaak... XD XD XD...

    makasih kak, doakan terus yaaa ^^d kamu juga lahhh

    ReplyDelete
  7. atiiidd... kapan pengumuman terakhirnyaa?? kamu belum traktiraaaannn!!! sebelum maret tahun depan yak kalo bisa!! XD

    ReplyDelete
  8. Emang maret taun depan ngapain? Km ke luar juga kah? Atau married? Hahaha... Aku desember pulang kok. Maen ke jogja kakk

    ReplyDelete
  9. aku awal April bakalan ciao jauuuhh banget soalnya. jadi pastikan sebelum itu ya! hehehehe.. XD

    desember ya? ntar aku liat jadwal aktingku dulu ya. mudah2an bisa *eaaa...

    ReplyDelete
  10. btw, syarat beasiswa BU apa aja memang? aku ingin ngasih infonya ke temenku.. minta linknya dong

    ReplyDelete
  11. yaaaahhh... gajahnya gimana duuunk???

    ReplyDelete
  12. ya itu diaa.. gajahnya sebelum itu juga kamu bawaiiiinn... !!! :))

    ReplyDelete