Monday, February 7, 2011

My First Time Job Fair-ing


Hay hay hay people, how are you all? Wish you always fine: healthy and happy. Hehehe.

There are three basic things came into my mind directly after receiving graduation letter (Surat Keterangan Lulus/SKL): study, career, relationship.

As I wrote before, I would like to look for scholarship overseas to continue my study as my first priority. Then one day, one of my friends asked me, “Why do you want to take a master degree?”, eeem… --silent for a while—thinking a bit hardly. I don’t know why, I answer this, “I want to be a professor,” am I dreaming or sleep-talking? Maybe. But remember, I AM A DREAMER. Then my friend asked again, “Why you want to be a professor?”. I’m silent for quite a while… “I don’t know, I just feel like I’m fitted to be a researcher and I want to work in academic field,”. (Please someone throw me a mirror, so I can see my own face. Whatt? Really, my GPA is only 3.42 and I want to be a researcher? You must be joking, pink caaat?).

Hehehe… yes, I realized that I am dreaming. But what else can I do? If there are no big dreams, there would be no big goals to reach, no efforts would take to reach it, and it would be nothing. So, as for me, having dream is much much better than not. Isn’t it? ;)

Okay… Jadi gini, sebenernya hari Sabtu kemarin aku iseng-iseng main ke job fair ECC (Engineering Career Center) di GSP. Ceritanya jaman dulu, sekitar tahun 2007-2008an, aku juga ikutan acara ini, sebagai panitia, tepatnya jadi liaison officer/LO dua kali bertutur-turut. Waktu itu sih rasanya liatin peserta job fair itu kok melas banget ya… they much more like a buch of hopeless jobless people. Hahaha… I’m sorry for saying this, but that was what I thought that time :D Nah, setelah beberapa tahun berselang, dan saya juga baru saja merasakan SKL yang masih hangat, wah jadi antusias banget nih buat nyari pekerjaan, itung-itung buat nyari pengalaman sih. See, I am now one of those hopeless jobless people!

Karena hari Jumat-nya ada acara (jalan-jalan ke Kali Progo), maka aku baru menjadwalkan jalan-jalan ke job fair hari Sabtunya. Setelah malamnya janjian sama salah satu temen baikku di kampus, Rabian (sebenernya dia adik angkatanku, tapi ngelangkahin aku lulusnya, hiks), maka hari itu saya pun menjelajah area job fair bersama dia yang udah duluan jalan-jalan (dan apply-apply) disitu. Haha, jalan-jalan di job fair aja pake guide!

Oke, hari itu aku nggak bawa apa-apa sebenernya, selembar CV pun enggak. Karena… aku emang niatin buat looking around aja, nggak niatin mau apply. Tapi beberapa perusahaan ada yang hanya pake form aja buat apply, iseng-iseng aku isi dan masukin deh. Hehehe… tapi perusahaannya kebanyakan nggak nyambung menyambung sama kuliahku sih. Jadi aku cuek aja.

Eh, pas turun ke lantai 1, ada stand di pojokan, yang sebenernya dekorasi booth-nya enggak menarik (nggak se-ngejreng Schlumberger, Chevron dll), tapi kok fieldnya menarik ya… apa coba? Desain interior. Hahaha… as you know, I’m not an interior design graduate. Yah, karena menarik, aku pun mampir ke kantor ibuku buat ngeprint CV dan numpuk di stand perusahaan itu. Ditanyain macam-macam: bisa ini-itu nggak, ada pengalaman ini-itu (jelas enggak, baru lulus juga). Dan aku pun jawab yang iya-iya aja sekenanya. Beberapa program computer memang aku nggak bisa-bisa banget sih, tapi kan bisa dipelajari (ngeles). Hahaha.

Oke, aku pun habis itu pulang, nothing to lose lah, nggak mikir bakal dipanggil lagi atau nggak, secara spek-ku masih belum oke juga. Habis itu aku latihan band dan sepanjang Sabtu malem itu aku cuma mikirin soal seleksi band besoknya.

Besoknya, I was all about band audition. Tapi aku dah nyiapin juga sih kalo-kalo dipanggil tes atau mau dateng ke job fair lagi buat (iseng-iseng) apply. Nah, ndelalah kok ya tasku itu ketinggalan, dan baru nyadar pas udah nyampe Jalan Godean. FYI, rumahku di Prambanan, di timur Kota Jogja, dan Jalan Godean itu di barat Kota Jogja. Yes, nggak mungkin balik. Dan pagi itu aku belum juga dapet SMS panggilan, jadi aku nyantai aja deh, yang penting nyanyi sebaik-baiknya.

Eh, pas banget habis nyanyi, pas mau pulang, ada SMS dari nomor tak dikenal. Pas mau mbuka, malah ditelpon papaku yang udah jemput. SMSnya baru kubuka di mobil. Dan WHAAAATTT!!!

“Segera datang ke stand sekarang untuk mengikuti tes admin,”

Mampuuusss! Aku masih pake kostum seleksi band yang kalo diliat dari pucuk Merapi udah kaya country girl, tinggal nambah sepatu boot sama sapi aja. Hahahah… Mana baju ganti juga ketinggalan. Surat-surat ketinggalan. Even worse, kuitansi buat tiket masuk juga ketinggalan. Te-o-el-o-el. Tapi ya udahlah, apapun yang terjadi dateng aja deh.

Sampai disana, I was so damn unlucky, tiket buat non membernya udah nggak ada yang njaga. Aku bingung. Muter-muter, eh ketemu sama temen yang panitia, dan dia ngeh sama aku. Aku bilang deh, “Mas, iki aku diundang tes, tur aku lali nggowo kuitansine, piye aku sing mlebu ki?” (Mas, aku dipanggil tes, tapi aku lupa bawa kuitansinya, gimana aku yang masuk nih?). Aku langsung digandeng gitu aja dan masuk tanpa screening. HORE!!!

Akhirnya berhasillah saya mengikuti tes dari si perusahaan desain interior tersebut. Dan pas liat soalnya, olala~ bukannya susah sih, but I need more time and references to work on it, madam… setengah jam aku cuma memandangi 2 lembar kertas yang disodorin. Mikir lama. Baru bisa nggarap, dan NGAWUR!! Hahaha… dan sepertinya saya diliatin sama mas-mas dan mbak-mbak yang pada ndaftar juga ke perusahaan itu. Mereka rapi jali, pake kemeja, celana bahan, dasi, rok bahan, sepatu hak tinggi. Sedangkan aku? Rok terusan, kemeja lengan pendek dengan diikat di perut, sepatu flatron, dan rambut awul-awulan. Kontras.

Yah, akhirnya selesai juga aku nggarap soal-soal yang diberikan. Aku pun melangkah keluar dengan enteng. Aku pengen sih dapet pekerjaan itu, tapi jodoh kan Allah yang menentukan, kalau memang jodohku, pasti dapet deh pekerjaan itu. Nothing to lose, at least I've tried :)


7 comments:

  1. Jangan pesimis.. Aku dulu keterima kerja malah pas penampilan "seadanya".. Ganbatte!!

    ReplyDelete
  2. haha, tidak brharap banyak sih. tapi tetep brdoa lolos. hehehe. amin. jgn2 pas tampil seadanya keliatn lbh jujur ya

    ReplyDelete
  3. bersedih hati gimana mas danang? hehehe :D

    ReplyDelete
  4. Oke teman-teman, ternyata saya dipanggil interview ke jakarta, mohon doanya yaaa.... :)

    ReplyDelete