Tuesday, February 1, 2011

Sekaten Sekaten!


Hay hay minna! Gomen nee, this is a quite late post. Sebenernya aku pergi ke Sekaten sudah seminggu yang lalu, tepat di hari Selasa juga. Tapi karena yang motret adalah temenku, yang beda jurusan pula, jadi aku cari timing yang tepat buat copy foto-fotonya. Hehehe…

Oke, jadi hari Selasa minggu lalu (Jan 25) aku dan temen-temenku jalan-jalan ke Sekaten. Janjiannya jam 3an kumpul di rumah sobatku, Jabar. Tapi pas jam 2an tiba-tiba hujan turun dengan derasnya. Yup, sekarang di Jogja kalo sore suka hujan… :( Karena ragu-ragu, aku pun SMS ke temenku, Deni, “Jadi nggak nih? Ujan deres gini,”. Eh Deni malah jawab “Ayo aja ah, nothing to lose!” dengan semangatnya. Yayaya, kalo udah gini, aku sih ayo-ayo aja, maju terus pantang mundur!

Menjelang jam 3, aku udah di rumah Jabar, and as usual, Indonesian time means rubber time, semua pada nelat, kecuali yang punya rumah. Hahaha… sekitar jam 4an kami baru ngumpul semua, aku, Jabar, Deni, sama Herlan. Sebelum langsung ke venue, kami harus jemput 2 temen kami yang lain, Wulan sama Ade, wah bakal jadi tambah rame aja nih. Tapi tapi, sebelum berangkat kami disuguhi lempeng pisang sama ummi-nya Jabar, masih anget pula, fresh from the fry. Gomawo, ummi :D

Sampainya disana, ternyata harus beli tiket dulu, 2000 per orang. Hehehe, aku kira ini pasar rakyat yang gratis, ternyata mbayar! Tapi nggak apa-apa sih, demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat :) Pertamanya ada kereta kelinci, sepertinya seru nih, tapi kok… 10000 per orang? Ehm… tunggu dulu, worth it nggak nih. Mikir mikir, akhirnya malah kami tinggal begitu aja si bapak penjaga kereta kelinci, dan sampe pulang kami nggak jadi naik kereta kelinci, maafkan kami pak…

Lanjut, kami pun jalan-jalan muter-muterin area pasar rakyat itu. Banyak barang yang ditawarkan disini, mulai dari kelinci, pong-pongan (sepertinya bahasa Indonesianya ‘kelomang’), kapal klotok-klotok, alat rumah tangga, pakaian dalam, VCD bajakan, sampai kerajinan tangan, apa aja ada, walaupun nggak semuanya murah sih (alesan klise mahasiswa kalo duitnya cekak). Selain itu atraksi dan games-nya juga lumayan asik, eh sebenernya standar sih, seperti obake (rumah hantu), komidi putar, pancing-pancingan, boom boom car, dan lain sebaginya. Kami sempat nyobain beberapa games di situ juga, pertama pancing-pancingan, rumah hantu, terus bola-bola besar (duh, istilahnya apa ya ini??).

(pong-pongan warna-warni gambar Upin Ipin, kinda feel weird about this, kasian mereka dicat-cat gitu...)

(mas-mas dan mbak-mbak yang masih gumun liat pong-pongan)

Pertama, lomba mancing bersama Pak Dosen Herlan sama Deni. Haha, mancing bodoh-bodohan ini, cuma mancing ikan-ikan plastik yang mulutnya dikasih paku dan mancingnya pake magnet. Dan saya yang menang!!! (bangga) Hadiahnya, harusnya sih sekarung molen, tapi akhirnya malem itu saya makan gratis di Hoka Hoka Bento. Hore!!!

(the fishing competition!)

Oya oya, kami juga masuk ke rumah hantu. Ehm, pretty embarrassing, aku ini penakut parah (bahasa jawanya ‘jirih’), jadi males-malesan buat nyobain masuk kesana. Padahal Herlan, Wulan sama Ade udah semangat banget. Jadi kami muter-muter dulu, mikir-mikir, muter-muter lagi, mikir lagi, lama-lama pada gemes dan akhirnya aku langsung didorong masuk gitu aja. Saking jirihnya, jadi selama di dalem situ aku merem dan jalannya megangin sobatku di depan, biar ga nyasar. Hahaha… Aku benci  tempat yang gelap, sempit dan pengap kayak gitu :(( Dan sepanjang di dalem obake, ada yang nakut-nakutin dengan berteriak “Ha!” gitu di deket kupingku, bukannya takut, tapi kok yang kerasa malah ababnya yaa… wkwkwkwk (ketawa tapi masih sambil merem). Dan sempet kedenger juga yang jadi hantu-hantuan itu ngomong “Who, ra wedi,” (Wah, nggak takut). Weeew… gimana mau takut, orang merem yee :p

(in front of the obake!)

And the last I mentioned was my biggest regret, soalnya habis masuk dan berguling di dalam bola gede itu aku pusing banget. Rasanya kehabisan tenaga dan udara di dalam bola-bola itu, padahal hanya dalam waktu beberapa menit aja. Bayangin kalo lama, bisa-bisa mati keracunan CO2 (halah lebay).

(Herlan, pak dosen, seneng banget waktu main ini)

Soal kuliner? Sebenernya banyak banget pilihan makanan di situ. Yang paling umum dan paling banyak adalah molen, arum manis dan kerak telor. Tapi pandangan kami malah ke ibu-ibu jualan dadar telur puyuh. Hm, looks yummy. Dan bener, enak!!! (atau aku yang kelaparan ya?) hehehe…


Overall, ke Sekaten kali ini seru banget! Selain karena udah bertahun-tahun aku nggak ke Sekaten (terakhir SD, itupun karena sekolah buka stand), waktu ke Sekaten kemarin itu udah diniatin buat seneng-seneng melepas stress pasca pendadaran. Pokoknya, nothing to lose!

(belanjaan kami, fireworks lamp, hehehe...)

(yah, sayangnya blur, ini dimarahin sama penjaganya, soalnya ngalang-ngalangin jalan, hahaha)

(nekopinku's free dinner madness)

13 comments:

  1. udah berapa tahun yah aku ga ke sekaten?

    ReplyDelete
  2. Ini hokben yang di Jakal ya?? Ih g ngajak2.. Biasanya Cisya ngenet disitu, aku juga dket kalo kesitu.. XD

    ReplyDelete
  3. aku jg masuk rumah hantu...
    sendirian pula. temenku takut...

    eh aku koq gak nemu yg telur dadar puyuh ya? di bagian mananya? aku pengennn...

    ReplyDelete
  4. kak sansan: hahaha, pasti pas jaman kecil, atw pas jaman pacaran? :p haha

    akang blackhanyou: ehm,jd kepikir. ayo kpn lunch brg dsitu? paket hemaat!

    raaraaraa: kamu g takut ya? wah..hebat! eh? itu di dkt rmh hantu kok. ga nemu ya? hehe, enak lhoo!

    ReplyDelete
  5. baiklah, saya akn coba memasak saja.. (hahaha. mahal e kalo beli di sekaten...)
    tu telur puyuh cm diceplok biasa ato digimanain lgi?

    haha... itu masuk rumh hantu karna terpaksa berani... habis penasaran bgt dri dulu blm pernah masuk....
    tpi yg di sekaten ada 3 stand rumh hantu.. yg aku masuki hantunya cuma 2! nggak seru. ;(

    ReplyDelete
  6. terakhir kali liat pas jaman sma, liat gamelan dibawa masuk kraton. kan inti acaranya inii

    ReplyDelete
  7. diceplok biasa kok, ditambah garem merica n sedikit loncang, kayak takoyaki. hahahaa....

    hayah... coba gelitikin hantunya tuh, pasti langsung ketawa deh. hahahaha

    ReplyDelete
  8. yuk kapan???^^v sepertinya asik hehehe... paket hemat...

    ReplyDelete
  9. bener bener, inti acara sekaten sebenernya di gamelannya itu...

    ReplyDelete
  10. Yaah kalo minggu ini masih bisa lah.. Ngikut aja lah, orang mo ditraktir kok ngatur2 jadwal yang mo nraktir.. :-p Tp serius bisa kok minggu ini..

    ReplyDelete
  11. baiklah,, .. bisa dicoba resepnya.. asikkk.*sluurrpp

    mbak, itu rumah hantunya yg mana yah? aku mau k sekaten lagi, biar masuk k rumah hantunya yg seremmm

    ReplyDelete
  12. mbak, ngomong2,yg foto di depan rumah hantu, ntu ada mas2 ikutan nampang di beranda rumah hantunya. hahahahhahaa..

    ReplyDelete