Sunday, December 20, 2009

A World Called "Dream"


Mimpi...


Sampai saat ini mungkin aku masih hidup di dunia mimpi. Entahlah.

Aku mungkin orang yang kebanyakan mimpi. Hm, dalam bahasa Sang Pemimpi, nampaknya orang yang punya mimpi itu hebat banget ya... Tapi buatku sedikit lain. Mimpiku bisa menjadi sangat kontradiktif dengan kehidupan nyataku. Dan gara-gara kebanyakan mimpi,orang jadi susah memahamiku.

Salah ya kalau seorang anak perempuan punya mimpi? Punya cita-cita?

Bahkan salah seorang mantan pacarku pernah bilang, "Kamu itu FREAK!". JLEB!

Whaoow!

Setelah itu, jujur, aku mulai mengurangi porsi mimpiku, dan mencoba menjadi selayaknya anak perempuan biasa, yang kebanyakan bermimpi menikah dan berkeluarga. STOP. Sampai sini aku harus meluruskan dulu ya, aku juga pingin menikah dan berkeluarga kok, tapi... selain itu aku juga ingin melakukan banyak hal yang bermanfaat bagi orang lain, dan yang jelas bisa memperkaya diri. PAUSE. REWIND. "Memperkaya diri". PLAY. Maksudku disini adalah memperkaya wawasan dan pengetahuan yang nantinya akan bermanfaat juga untuk kehidupan (ah pusing aku kalau ngomong serius, tapi kalian tau maksudku kan?).

STOP. PLAY.

Menjadi normal, hal yang bisa dibilang menyiksa diri perlahan-lahan. Pelan-pelan seperti membunuh pakai pisau roti... Dan aku mulai kehilangan diri sendiri.

Sedikit flashback.
Ketika kecil, aku punya banyaaaaakkk sekali cita-cita, mulai jadi insinyur pertanian, arsitek, astronot, ilmuwan, filsuf, sampai fashion designer!! Dan entah kenapa aku sekarang malah belajar urban planning, itu cerita lain.

Masa awal remajaku lagi-lagi diisi dengan banyak keinginan. Banyak hal baru yang selalu menarik untuk dipelajari, walaupun sejujurnya aku bukan haus ilmu, tapi haus petualangan. Mengenai cita-citaku selanjutnya? Ah, aku tak terlalu banyak memikirkannya. Jalani saja dulu, nanti kan akan terbuka sendiri jalannya.

"I want to change the world!!" itu kalimat penyemangatku.
Hidup ini harus jadi extraordinary, bukan menjadi ordinary.

Mencoba banyak hal, mulai dari musik, taekwondo, pramuka, bahasa asing, dan yang paling menarik.... membuat film. Ya, film sedikit banyak merubah halauan hidupku. Aku yang sejak kecil terdoktrin untuk berorientasi sains, bahkan kakekku pun berpesan, "Jadilah scientist," waow... berat. Dan gara-gara film, orientasiku bergeser. Aku suka seni. Dan sebenarnya itu bukan hal baru dalam keluargaku, karena papa-mamaku sendiri pun adalah pecinta seni.

Sepanjang SMA impian ku cuma ada 1, menjadi film-maker, dan mungkin sampai saat ini keinginan itu masih tertanam dalam otakku. Tapi apa daya, takdir membawaku terdampar di tugu teknik, memasukkannya ke jurusan arsitektur dan perencanaan, dicekoki materi urban design dan menyeretku dalam ruangan sempit bernama Fiagra, klub film anak grafika. Pikirku, seraya meraih pengetahuan "formal", aku tetap bisa berkarya dalam seni. And I did it. Kecuali 2 tahun terakhir ini, aku sudah benar-benar absen dari hingar bingar film indie.

FORWARD. PLAY.

Apa sih yang sebenarnya kuinginkan? Tepatnya kuimpikan. Aku nggak tau kapan aku mulai menginginkannya... tapii... aku pingin keliling dunia! My ex boyfriend said that it was so crazy and it will cost a lot of money. Whoaa!!! Sorry, now I can say, that wasn't what I mean exactly. Ada banyak cara dan usaha yang pasti akan ditempuh untuk mewujudkan mimpi itu kan... dan lagi, maksudku bukan hanya untuk bersenang-senang kok, tapi kembali lagi ke "memperkaya diri" dan mungkin juga bisa memperbaiki hidup orang banyak (amin).

Now, I dream it, and I have to put some efforts to make it true.

Seorang temanku pernah menulis ini dalam blog pribadinya, "klo km cmn punya mimpi tanpa ada semangat dan motivasi..itu sama saja bohong, seperti mesin tanpa bensin dan oli..diam ditempat, useless…"

Ya, aku punya banyak sekali mimpi, yang bahkan aku sendiri nggak ingat untuk menyebutkannya satu persatu. Dan aku bersyukur, masih diberi kesempatan hidup sekali lagi setelah sakit setahun yang lalu. Sekarang saatnya untuk ngebut mengejar mimpi dan cita-cita. OSH!

Life is not that easy to run, when you grow older, you will face much more difficulties and pains. World would seems such a cruel space to live in, but you can't escape. Just face it bravely! No matter how hurt the pain. Keep your dreams and hopes, never give up, so youcan reach them both!!! \(^o^)/

Maybe I just too immature to say that, but I'll keep it to motivate myself.

FOR THE FUTURE
将来 の ため に

FOR LIFE!!!
生活 の ため に!!!


14 comments:

  1. ini hal yang wajar (mimpi)
    kita (hampir) sama
    gwe juga berpikiran begitu

    Yang pasti:
    Gwe ga tw diri gwe ingin menjadi apa
    Gwe ga tw diri cita2 gwe (ga punya cita)
    Ingin masuk IT bukan berarti punya bakat disitu. Tapi hanya senang dengan komputer
    Entahlah, diri gwe sebenarnya apa.

    ReplyDelete
  2. that's scared me... what are you exactly? alien??
    hahahaha...
    just do what you think the best
    anything you love to do ^^v

    ReplyDelete
  3. diri gwe tak tahu yang terbaik itu apa
    hanya menjalani kehidupan ini
    yg gwe ingin extraordinary
    tapi gwe jg g tw yg extraordinary itu apa?

    ReplyDelete
  4. diri gwe tak tahu yang terbaik itu apa
    hanya menjalani kehidupan ini
    yg gwe ingin extraordinary
    tapi gwe jg g tw yg extraordinary itu apa?

    ReplyDelete
  5. hahaha... kadang aku pun juga bingung
    jalani kehidupan apa menikmati hidup?
    hmmm...
    menjadi extraordinary, bukan berarti melawan standar, tapi apa yang membuatmu merasa "hidup"
    live the life

    ReplyDelete
  6. Hahaha...fotonya..that describes my dream, one, I will be an urban planner (according my major education), two, I will travel around the world (wish). Hehehe..

    Merasa "hidup", usaha untk mencegah bunuh diri karena tdk merasa hdp ini berarti. Yea,make ur life meaningful,at least for urself^^v

    ReplyDelete
  7. ayo kita wujudkan mimpi kita.....tetep semangat

    oh ya lagu buat nekopink.,. ost Sang Pemimpi : Claudia Sinaga - Ini Mimpiku...hehehe

    ReplyDelete
  8. OSHH!!
    semangat!!!!
    hehehe... aku lum tau tuh lagunya yang mana
    ntar coba kudonlod

    ReplyDelete
  9. sama dek. aku juga orang yang suka seni tapi terdampar di fakultas teknik. kukebut masa kuliah 4 tahun agar bisa fokus. dan selama 2 tahun ini aku luangin waktu buat belajar ttg nulis, buku, film dll.

    ayo buat film indie lagi. sapa tahu bisa bareng2 buat :) aku belum ada ilmu ttg buat film tapi otakku selalu mikirin ttg film.

    ReplyDelete
  10. Mbak Ary: hehe,kebanyakan yg aku tau teknisnya c mbak,kalo ide cerita agak susah. Ya,kl mw kpn2 gt qta ngob2 brg yuk!!

    ReplyDelete