Monday, March 28, 2011

TOEFL Madness

Hay hay hay! こんばんわ みんな! 元気 だった?

AKU SETRESSS, SODARA-SODARA!!!

Nggak bisa dipungkiri, lama nggak belajar dan sekalinya harus belajar lagi malah males-malesan, hasilnya ya kayak gini ini, setres sendiri. Kenapa? Yup, sesuai judul, aku harus menghadapi yang namanya tes TOEFL, yang mana sudah 2 tahunan lebih I never formally learning English. Huff…

Karena kenekatanku yang kuat untuk meraih pendidikan yang lebih tinggi, tapi dengan kapasitas otak yang pas-pasan dan budaya bermalas-malasan ala kucing yang masih melekat kuat, aku harus menghadapi segala macam ugo rampe daftar-mendaftar sekolah pascasarjana. Salah satu syaratnya, ya tes TOEFL ini. Dan target skor untuk mendaftar di perguruan tinggi dalam negeri minimal 450, untuk ke luar negeri (negara tujuanku masih termasuk ASEAN kok) minimal 500. Hosh!

Sebenernya sampai beberapa hari yang lalu aku masih menganggap tes ini gampang. Gimana enggak, 2 tahun yang lalu TOEFL score-ku nyampe 500-an, jadi kali ini kemungkinan besar aman lah… Yah, kemakan sama kecongkakan hati, maka saya pun merasa berada di atas angin, kipas-kipas aja, males belajar serius. Tapi itu kan udah 2 tahun yang lalu...

Dan akibat kesombonganku itu, beberapa hari yang lalu aku nyoba tes simulasi TOEFL, yah, itung-itung buat latihan lah. Pas ngerjain sih rasanya bisa-bisa aja (sok-sokan banget ya?). Tapi beberapa menit kemudian, aku keluar, dan hasil tes simulasi bisa langsung dilihat. DOENGGG!! Kok skor-ku nggak nyampe 500? Mlorot banget. Dan siang itu mendadak mentalku langsung down :( Uwaa... ternyata skill bahasa Inggrisku menurun drastis. Kayak gini gimana mau daftar ke luar, apalagi mau nyari beasiswa. Uff… (nangis darah, gigit-gigit meja)

Sialnya lagi, hari Senin-nya, yup, today, I have to take ITP TOEFL test. Dengan skill dan mental yang ancur-ancuran, dan tadi malam juga masih aja malas-malasan buat belajar, aku pun nekat tetep dateng dan mengikuti tes. Ah, hadapi dengan berani aja, gitu kataku dalam hati, menghibur diri :D hehee.

Jam 8.15 an, aku masuk ke ruang tes dengan mantap, cari tempat duduk sesuai nomor yang ditentukan, dan menduduki kursi di pojokan. Wih, posisinya asik nih. Nggak lama, di sebelahku duduk seorang mas-mas yang wajahnya familiar, mirip sama, ehm, mantan pacar yang sudah nikah. Olala~ bukan bukan, ternyata itu kakaknya mantan! Hahaha, habis mukanya mirip lho, beneran. Basa-basi bentar sama si mas mantan calon kakak ipar, dan rangkaian upacara tes TOEFL pun dimulai.

Jam 8.30 an, dibagikan Examinee Handbook dan mengisi identitas di answer sheet. Di dalam Examinee Handbook itu ada contoh-contoh soal, coba iseng-iseng jawab, liat kuncinya, eh bener semua. Naik lagi deh kepercayaan diriku yang runtuh akibat tes simulasi kemarin. Terus diputar juga contoh conversation buat listening comprehention. Waaah, kedengerannya enak dan jelas banget pronounciationnya. Bisa laaah! Jadi mendadak semangat.

“Let’s start begin with section one, part a,” tes dimulai. Semua peserta khusyuk mendengarkan dengan hati-hati. Satu persatu nomor dilewati, ha kok semakin ke belakang pronounciationnya makin gak jelas dan si speaker ngecipris dengan speed ultra cepat. Kupingku kelabakan. Belum lagi, that damn answer sheet for computer makan waktu yang lumayan buat menghitamkan setiap lingkarannya. What the...!

Lanjut dengan section 2, structure and written expression. Ini sebenarnya bagian yang gampang sulit sulit! Nampaknya gampang, cuma ngisi bagian yang kosong dengan kata-kata yang udah ada di option. Tapi buat ngisi kata yang tepat itu kok recall ilmunya lamaaaa banget ya… “Ini harus pake have atau has ya?” atau “Ini pake verb 1, 2 apa verb-ing ya?” jadi ribet sendiri mikirnya. Lebih ribet lagi di bagian written expression, suruh nyari kata yang salah. Bingung setengah mati! Yang bener aja nggak tau gimana mau nyari yang salah atuh paaak? (jeritan hatiku di tengah ujian). Lagi asik-asiknya ngerjain soal, “Sisa waktu untuk section ini masih 5 menit lagi,” kata bapak-bapak pengawas. WHAT? 5 menit. Dan kulihat di answer sh*t-ku, masih ada 20an soal lagi! BAGUS! Ngerjain 20 soal dalam 5 menit? Tarik maaang! Aku pun ngebut nggarapnya, ngebut mata dan ngebut otak juga. Siaaaal!!!

Section 3, yang terakhir, reading comprehention. Bacaannya panjang-panjang gilaaa! Dan entahlah, kenapa vocabulary yang dipake susah-susah bener, sampai bingung itu padanan katanya apa. Mataku sampe jereng bolak-balik dari pertanyaan ke bacaan, ke pertanyaan lagi, ke bacaan lagi, baru ke option jawaban, dan masih nguing-nguing menghitamkan lingkaran-lingkaran itu. Uff… lama juga ternyata aku nggak pernah bersentuhan sama lembar jawab computer (LJK). Dan lagi-lagi, pas seru-serunya ngerjakan soal, si bapak pengawas bilang, “Waktunya masih 5 menit lagi,” masih paaaak?? Ampun deh… kali ini aku bener-bener rasanya kayak kejar-kejaran sama monyet waktu kecil dulu, deg-degan kuadrat!!! Nggak bisa konsen lagi deh ngerjakan 10 ekor soal yang teakhir, dan sialnya, answer sheet-ku sudah keburu diambil sama si embak-embak pengawas. AAAAHHH… embaaak… masih ada 2 soal yang belum aku lingkarin tuuuh!!! (nangis ngguling-ngguling, garuk-garuk lantai…) Huhuhu.

Dengan pasrah, aku melangkah gontai meninggalkan ruang tes. Terserah computer mau berkata apa, tapi please, bikin skornya jadi 501 ya… (penuh harap).

Oke friends, what I want to share by this post were: never stop learning and keep being modest.

がんばれー!

(@ Didipy Gerobakku, warung jus tempat nongkrong favorit)

24 comments:

  1. Moga dapat 500 ya kak....saya juga pengen dapat score TOEFL yg tinggi neh, kayaknya saya kudu belajar serius dari sekarang neh....heheee

    ReplyDelete
  2. hahaha... thank you thank you, amin, moga2 dapet deh 500, kalo nggak, batal deh rencana daftar ke luar :D hehe...
    yup, sepertinya pada intinya adalah harus banyak latihan. nggak mesti banyak juga sih, yang penting rajin, nggak sok-sokan kayak aku. hehehe:D
    semangat!!!

    ReplyDelete
  3. Kak, ada tips gak buat latihan TOEFL. Lewat buku toefl aja udah cukup apa belom kak.? Buku TOEFL yg bagus apa sih kak?

    ReplyDelete
  4. sebenernya aku nggak kompeten untuk menjawab pertanyaan ini, soalnya aku aja masih berantaka gini.
    hmm... kalo untuk latihan, mungkin bisa cari bank soal toefl, kalo bisa sih yang cetakan luar, mahal dikit gpp lah, tapi nggak banyak salah cetak kayak buku2 cetakan indo :D hehee
    kalo untuk belajar grammar/structure, saranku malah mending pake buku SMA, banyak rumus2 dan penjelasannya lebih simple :D hehehe

    ReplyDelete
  5. Btw kak, bank soal TOEFL yg cetakan luar tuh beli dimana sih kak.?

    Yg kayak Baron itu tuh cetakan Indo ya kak.? Di gramed kayaknya cetakan Indo semua deh kak.


    ​​Ħ̀́̀́̀ǻ̀́ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́ħ̀́̀́̀ǻ̀́ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́ħ̀́̀́ǻ̀́Ħ̀́̀́̀ǻ̀́ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́ħ̀́̀́̀ǻ̀́ħ̀́̀́ɐ̀́̀́̀́ħ̀́̀́ǻ̀́

    Kakak terlalu merendah neh, justru kakak berkompeten kok utk memberikan nasihat dan petunjuk...heheee

    ReplyDelete
  6. pakai toeflnya longman aja tid. bagus tu :)

    ReplyDelete
  7. yang di gramed itu kayaknya ada deh yang pengarangnya luar maksudku... hehehe... aku juga ga gitu ngerti nama-namanya secara rinci kok. cari2 aja, kadang prinsip judge a book by its cover boleh dipake juga kok.
    :D kamu calon dokter kan? kayanya TOEFL dipake juga tuh buat seleksi PPDS :D hehee

    ReplyDelete
  8. eh? apa itu? di gramed ada gak?
    hehehe... aku besok tanggal 8 ikutan ELPTnya ITB, doakaaaann!!

    ReplyDelete
  9. Iya kak. Makanya saya kudu belajar serius nih buat TOEFL-nya dari sekarang. Rencananya saya pengen ikutan bimbel bahasa inggria khusus TOEFL juga kak.

    ReplyDelete
  10. aku ada soft copynya. ntar klo mau janjian aja ketemuan di kampus tid..

    ReplyDelete
  11. sudah aku cek bener2, 500 kok, asia tenggara lho yussan :D

    ReplyDelete
  12. sofkopi apa? ELPT??
    mau mauu! hehe... aku berangkat ke bandung mungkin tanggal 5 atau 6 :)

    ReplyDelete
  13. yup, boleh juga tuh ikut les, jadi lebih terarah.
    kalo saya sih otodidak aja, modal buku... hehehe

    ReplyDelete
  14. bukan. soft copy buku toeflnya. ada cd jg sih. lah tp kalo kmu dateng tgl 6 yo kemepeten dong tid buat belajarnya -__-

    ReplyDelete
  15. belum beli tiket sih, apa tanggal 5 ya? ntar coba aku reschedule lagi deh
    hohohoho....

    ReplyDelete
  16. Wakakaka, kejar2an ama monyet XD
    Kamu ujian ITP di mana Tid?

    ReplyDelete
  17. TOEFL-ku sekarang berapa ya?? Males ah mikirinnya.. XD

    ReplyDelete
  18. serius, aku pernah dikejar monyet waktu kecil, di tawangmangu, dan itu pengalaman yang menegangkan banget lho!! serem...
    kemarin ambil tes di PPB mas. eh kalo ambil tupel dimana lagi ya yang reliable?

    ReplyDelete
  19. berapa hayooo... f(-"-) hehehe...
    eh kalo nggak salah kalo mau wisuda s2 harus ada nilai tupel juga kan??

    ReplyDelete
  20. Tes TOEFL-nya sih udah, tapi kalo dicek lagi ya g tau berapa sekarang.. XD

    ReplyDelete
  21. tesnya udah 2 tahun lalu, kang? XD hahahaha!!!

    ReplyDelete
  22. yg penting terus latihan. practice makes perfect :p

    ReplyDelete
  23. Wuh.... Iya,thank you mas isaaaa!!!

    ReplyDelete