Wednesday, March 31, 2010

My Special Hard Disk

Hay hay!

Today was a very complicated day for me. Setelah tidur pagi-pagi, bangun juga harus pagi-pagi. Lalu kotak obat berwarna orange itu ketinggalan di rumah (sekaligus aku dimarahin mama). Lalu mau upload video ternyata internet mati (atau emang nggak direstui nih?). Dan yang paling parah, HD laptopku dinyatakan positif damaged. Oke, let me bold it, DAMAGED. Oh nooo!!!

Partisi C rusak. D (/MY WORKSPACE) masih bisa dibaca. Dan E (/MY PLAYBOX) is not accessible. Oh my oh my…*nangis guling-guling di lantai* padahal di dalamnya tersimpan bergiga-giga memori rekaman momen-momen manisku bersama keluarga dan teman-teman. Saat-saat senang, sedih, berjuang, sampai yang segeje-gejenya. Selain itu, puluhan giga dorama my adorable Kimura Takuya dan Mizushima Hiro, serta puluhan PV boyband Kokorean kecintaan dan lagu-lagu yang kudownload sendiri (FYI, memakan waktu 1 malam untuk mendownload satu album 70MB-an, dengan koneksi GPRS yang beresiko putus-nyambung). Dan… itu semua terancam hangus! Hilang begitu saja… Oke, emang sih, folder tugas akhir (TA)-ku masih bisa diselamatkan, masih ter-back up, at least revisian terakhirnya. Tapii… apakah aku bisa rela kehilangan isi kotak Pandora-ku itu?

Maka, dengan segala kepanikan yang diselimuti sedikit optimisme, aku dateng ke tempat servis. Pura-pura tegar menanyakan nasib HD-ku. Yah, jawabannya sudah jelas, nak… it’s damaged. Mau nangis rasanya. Tapi nangis nggak bakal menyelesaikan masalah apa-apa. Aku memohon alternative solusi, dan akhirnya… aku terdampar di sebuah tempat bernama TREKNOL, hard disk crisis center. Okeeeeey!!! I haven’t imagine that I ever be in such a place like this before!!! Telen dah semua ejekanmu sama temen-temen yang pernah bernasib sama sebelumnya, Pinku!!! Makanya jangan suka ngejekin oraaaaaanggg!!!

First step in would be your first impression to this place, bangunannya agak serem, lantai terasannya aja dari bangkai-bangkai hardisk malang yang terlihat melas *wow*. Lalu aku masuk ke ruangan depannya, (sok) malu-malu. Ketemu sama officernya. Terus aku kasihin kepingan hardisku yang terbungkus rapi oleh surat pengantar dari tempat serpis (isinya wanti-wanti biar nggak dibongkar, biar garansinya nggak void). “Saya cek dulu ya mbak,” kata mas-masnya. Dihubungkannya sama computer di front desk. Dia manggut-manggut. Aku deg-degan. “Wah, bad sector ya mbak. Kita usahakan bisa di back up deh data-datanya mbak,” OOOHHH!!! Bagaikan secercah cahaya di dalam gua yang masuk dari lubang selebar jarum… rasanya harapan itu menyusupi rongga sanubariku (BGM Canon in D – DEPAPEPE version).

“Hm… terus mbak, pembiayaannya gimana?” mendadak mas-nya membuyarkan lamunan indahku dengan suara baritonnya. AWK!!! Dan aku disodori deretan angka yang tersusun dalam tabel rapi. “Ini… hardisknya 320 giga, kerusakannya bad sector jadinya…” PAUSE. Mataku berakomodasi maksimal. “Tuju ratus dua puluh lima ribu,” OH YES! You’re really to the point, man!!! Dalam sekejap aku pun mematung. Mataku kedip-kedip bak boneka Susan. Rp725000. It cost me my throat!!! (dan suaraku mendadak hilang)

Panik dan bingung. Yeah, itulah biaya dari kelalaianku mem-back up data. Betapa malasnya aku selama ini, cuma buat ngopy ke CD/DVD/EXTHD apa sih susahnya? Cuma satu kata, MALAS! Aku terlalu menggampangkan segalanya tanpa memikirkan kemungkinan terburuknya, “Oh yes, my laptop is fine, what should I worry about??” telen sendiri tuh pil paitnya!!!

Oke, enough for blaming myself, pasrahkan sama yang diatas. Banyak-banyak doa. Dan jadikan ini pelajaran, don’t ever let your laziness lead you, never again!!!

Dari sini aku juga jadi berpikir, otak kita ini bagaikan hardisk dengan kapasitas super besar, yang (insya Allah) awet selama hidup kita, kalo dirawat dengan baik juga. Tapi, gimana nge-back up-nya ya kalau terjadi damage?

Otakku, walaupun prosesornya masih Pentium 1, tapi mungkin kapasitas hardisknya lebih dari 10000GB, yeah, though it will take hours to summon up even 1 new file, because it never be defragmented!!! Mungkin aja terselip. Atau nggak sengaja ke-delete?  Dan yang muncul hanyalah kilatan-kilatan singkat dari rekaman keseluruhan momennya, seperti saat kita mendengarkan lagu kenangan. Kadang hal yang ingin kita lupakan justru tersimpan rapi dalam memori secara otomatis dan hal-hal yang ingin kita simpan malah hilang tanpa tau harus dicari di folder yang mana dari keseluruhan memori otak kita. Oh,kenapa hari ini aku jadi sentimentil ya?

Hard disk ku, LILY, walaupun kamu nggak bisa diselamatkan lagi, dan mungkin kamu harus digantikan oleh yang baru, tapi please… tinggalkanlah memorimu untukku, that will always bond us together, forever… I will always missing you, Lily… I love you…*kiss Lily, and pray...*





Hope all of my precious files could be saved. Amin.




---
picture credit to Oki Novriansyah
(http://oki-novriansyah.web.ugm.ac.id)
PS: that's not my Lily's picture, it's only for illustration

21 comments:

  1. pasti rasane nyesek bgd
    aku pernah ngalamin
    tapi k0mpi PC
    dataku hilang smw
    huks
    T_T
    mpe nangis berhari2
    and u kn0w
    after several week later
    there's a rainb0w after the rain
    aku dibeliin laptop
    hihi
    so...
    yg tabah ya
    sm0ga smw datanya balik
    dan aku mw ngopiiiii :D

    ReplyDelete
  2. makasiy jd diingetin bwt mbakar :D

    ReplyDelete
  3. thanks for sharing...
    its feels so bad...
    but I hope it could be better tomorrow
    yup, jangan lupa diburn-burn semua
    doakan ya mbak ^^

    ReplyDelete
  4. HD xternal 500GB punyaku aja harganya 800rb.. ini 750rb cuma buat selamatin data dari HD 320gb.... turut berduka cita ya onna pinku.. semoga bulan april besok akan lebih beruntung dibanding maret... tetap semangat!

    ReplyDelete
  5. wah Treknol...terkenal seantero jogja macamnya...dulu aku pernah menemani 2 org yg hdnya meledug kesana...hahaha

    ReplyDelete
  6. anw..emoga lekas kembali semua datanya amen

    ReplyDelete
  7. coba di low level format,,,dulu HDku bener2 gak bisa kedetect masih bisa low level format,,(tapi lupa ya dimana software buat low level format itu)..
    kalo masnya bilang masih bisa,,kayaknya sih masih bisa tuh di low level format trus pake rescue sofrtware buat nyelamatin data,,,,

    ReplyDelete
  8. dah sering kehilangan data...Hmmm, aneh ajah kok bagian yg E: bisa rusak...kumaha ceritanyak.

    btw data 100% balik atau....

    ReplyDelete
  9. iya sih, rasanya kayak beli EXT HD baru... (T_T)
    sankyuu yussan... yup, menyongsong bulan april dengan kecelakaan teknologi gini
    moga2 sebulan ke depan semua berjalan lancar, termasuk TA
    amin
    kamu juga, moga selamat sampai tujuan dan sukses!!!

    ReplyDelete
  10. iya, ni kayanya tempay servis HD yang cukup kondang
    moga2 bisa yaaa...
    doakan....
    lain kali aku akan lebih cering ngebackup HDku...

    ReplyDelete
  11. makasih infonya morpho-san... ^^
    duh iya ya, kamu kan anak informatika
    thanks thanks a lot... doakan ya, moga2 masih bisa di backup...

    ReplyDelete
  12. hehehe... ini karena persocon, jadinya hubungannya lebih intim, kang
    sedih banget kalo sampe lost... (T_T)
    nggak tau juga, seminggu lalu laptopku mendadak lambat waktu bukanya
    kucoba install ulang nggak bisa
    gitu deh
    nggak tau juga, moga2 100% data balik
    amin....

    ReplyDelete
  13. apa gara2 virus....Hmmm...tuh HD dr taun berapa...jangan2 ada umurnya juga tuh...merek seaget yak...

    ReplyDelete
  14. udah pernah ngalamin komputer disate sih...
    jadi pernah juga ngerasain kehilangan super besar gara-gara HD ikutan kebakar...
    padahal isinya banyak banget hasil donlotan lagu-lagu Jepangnya
    en ngedapetinnya itu bener-bener susah
    soalnya hasil dapetnya itu dari taun di mana Flashdisk ukuran 128MB masih di atas kisaran harga 400 ribu

    ReplyDelete
  15. *gulp*

    mahal ya? seharga hd baru. *mimisan*

    ReplyDelete
  16. wah, iya, jaman itu yang namanya download emang butuh perjuangan banget...
    dan FD kapasitas kecil aja harganya MUAHHHAAAALLL banget!
    nggak mau mau lagi lah kaya gini, nangis semalam (T_T)

    ReplyDelete
  17. yeah, aku nggak cuma mimisan waktu lihat harganya, nangis darah
    hehehe...

    ReplyDelete
  18. yoo,,oh ya coba cari Hiren (software) di idws kayaknya ada,,

    ReplyDelete
  19. ya ampun, dek ni laptopku juga ada virus and registrynya error dari kemarin. untung belum trading beneran. moga cepet sembuh buat laptonya:)

    ReplyDelete
  20. aku juga pernah ngalamin HD jebol. dan sayang sekali tidak bisa diselamatkan, sempet juga mau nyalahin yang bikin jebol tapi ya udahlah.. cuma ya itu sempet nangis juga, maklum semua hasil donlodan di UPT sampe jam 4 pagi ilang. lagu yang dulu donlod sambi bawa 10 keping disket terus di split biar cukup juga ilang.

    untung dulu aku rajin back-up ke cd n juga bagi2 copy-an ke temen2 yang suka, jadi kalo ada data yang ilang tinggal kontak temen2 terus minta data yang ada.

    jadi inget, kamu lagi skripsi kan. selalu backup data ke cd, titipin data ke temen deket dan juga simpe di online.

    ReplyDelete