Thursday, March 11, 2010

What are You Gonna Be, Planner?

Hay, it’s me again.


Nggak bosan kan kalian membaca tulisanku?  Hahaha… yeah, I promised myself not to make those worthless love theories anymore. Walaupun aku sendiri nggak yakin bisa mengendalikan pikiranku untuk berhenti menuliskan apa-apa yang kupikirkan tentang itu. Ya, cinta. Sudahlah, back to reality, apa yang sedang kulakukan ini setengahnya adalah hasil kegilaanku sendiri. Apa sih?


Meluluskan diri dari UGM di bulan Mei.


Oke, that’s my utopian plan.


I have many more utopian dreams inside my head, and I already know it will be worthless if I don’t put any efforts to reach them.

One day, I walked on my thesis object location, Selokan Mataram, alone by myself. I didn’t observe anything there. I just walk, and think. What will I do for it? Not just for the canal itself or people around it, but also for the world. What can I do?

Belajar perencanaan wilayah selama hampir 5 tahun lalu apa yang mau kulakukan? Menuruti ambisi pribadi untuk menjadi traveler? Hanya bawa otak kosongan aja? Aku cuma ngabis-ngabisin avtur buat terbang kemana-mana, tapi nggak ngapa-ngapain, oh, apa kata dunia?

Aku nggak bercita-cita untuk jadi planner yang hanya kerja kantoran atau passively sibuk menunggu bukaan lowongan CPNS. Banyak yang bisa kujadikan bekal untukku menuntaskan ambisi seraya memelihara kesehatan dunia ini. Terutama banyak hal yang aku ingat dan aku pelajari dari kerja praktekku di Desa Geluntung, Tabanan, Bali. Mungkin sekilas nampaknya pekerjaanku itu cuma ada bersenang-senang dan bermain bersama anak-anak aja, atau hanya membuat peta saja. Kerjaan planner nggak sesempit itu. Ilmu planning itu luas, saking luasnya sampai aku disuguhi dengan berbagai macam pilihan spesialisasi yang bisa didalami lagi. Kita bisa survive dimana saja!

Hmm, kesannya kok kayak promosi prodi ya? Hehehe…

Nggak nggak. Aku sedang memikirkan diriku sendiri kok.

Beberapa hari yang lalu aku main-main ke Amplaz, dah lama juga nggak ke pusat keramaian kayak gitu, janjian sama papa juga sih. Beliau sudah nunggu di Gramedia, maka kami (aku dan adikku pun menuju kesana). Aku baru jalan sampai di depan Indo Musik waktu adikku bilang, “Sik sik (sebenta sebentar) cik, itu ada anak-anak Greenpeace nggak?” dan dengan mata rabun parah gini, aku memaksakan akomodasi mataku untuk melihat sekitar 30 meter di seberang sana. Waow, ada, beberapa pemuda berbaju hijau stabilo itu. Kami pun mengatur strategi untuk menerobos masuk ke Gramedia dengan aman, “Yo, pura-pura nggak tau aja lah, pura-pura nggak cinta lingkungan,” hahaha… kalo ketahuan aku ngomong kaya gini, pasti Bli Agung (coordinator kerja praktekku) nggak setuju banget deh.

 

Sharing with Agus Wes, Greenpeace activist, member of Rainbow Warrior

Bukannya aku nggak cinta lingkungan beneran ya… sumpah. Dan aku juga banyak bertemu dan sharing dengan aktivis-aktivis lingkungan selama kerja praktek. Dan aku sadar kalo masalah itu makin menumpuk saja seiring juga dengan masalah-masalah kemanusiaan yang terjadi. Terus mau gimana? Demo ke pemerintah? Jelas nggak akan menyelesaikan masalah! Yang ada juga malah nambah sampah dimana-mana, bekas demo. Aksi mogok makan, minum, bicara, topo pendem? Halah, kaya orang kurang kerjaan aja. Masih banyak kok yang bisa dilakukan.

Dan aku sedang memikirkan apa yang bisa kulakukan. Jujur, aku nggak berani ngomong tanpa ilmu dan di luar kapasitasku, jadi aku nggak bakalan berani demo. Dan kondisi kesehatanku yang sering nggak bisa diajak kompromi sama otak ini jelas nggak mungkin mengijinkan aku buat mogok makan dan minum, buat mogok bicara ah…selama masih bisa update status di hp sih itu sama aja bohong, apalagi topo pendem duh ada waktunya kok buat itu.

Aku melihat kebanyakan orang yang bener-bener memelihara lingkungan itu nggak pernah banyak ngomong besar kayak aku gini. Mereka melakukan hal-hal dari yang paling dekat dan sederhana. Sampai aku terheran-heran, Bli Agung itu dari bertahun-tahun bikin proyek ini-itu di desanya, adaaaaa aja. Mulai dari ngecat rumahnya pakai bahan alami, bikin pemanas air pakai sinar matari (bener-bener air yang dijemur), radio komunitas dengan tenaga surya, motor matic tenaga surya, dan lain-lain eksperimennya (yang kebanyakan sih berbasis solar cell juga). Itu baru contoh ramah lingkungannya aja.

 

Modified electric motorcycle, suryamukti e+bike

 

Making a simple distance measurement tool


 

Briefing before the trekking started

 

Urusan community development, segala macam kegiatan pernah diselenggarakan. Dari kumpul bocah, gathering, kursus/pelatihan computer dan bahasa asing, sampai pertunjukan seni. Semuanya untuk memajukan masyarakat sekitarnya.

Bengong aku. Nggak tau gimana harus mingkem lagi. Beliau memang hebat... the real architecture and more.. seniman, environmentalist, advocator, apa lagi? Mengajak masyarakat untuk berkembang bersama, melestarikan alam dengan budaya masyarakatnya.

 

Being more adventurous and sociable; walking around the fields, woods and village with kids

 

Playing a mud war with village kids in the ricefield, could our children experience this too in the future??

Suatu hari mamaku bilang, “Coba kamu kembangkan wilayah sini mbak,” dan dengan pesimis dan less enthusiasm aku menjawab, “Wah, sulit,” why it so difficult for me? Aku nge-judge duluan bahwa masyarakat sini kurang bisa diajak berkembang. Mendingan aku hijrah ke luar kota atau maalh ke luar negri sekalian deh. Hey!!! Wake up, tugas sebagai planner adalah membuat mereka bersemangat mbangun desa (seperti judul serial di TVRI yang terkenal itu). Gimana mereka mau antusias mbangun desa kalo akunya aja males-malesan gini.


Banyak yang bisa dikembangkan, banyak juga yang harus dilestarikan; cagar budaya, alam. Semua akan jadi tanggung jawab kita. Masa kita membangun negri orang lain sementara orang luar membangun negri kita??

Ambisi dan nasionalisme dalam diriku mulai berperang nih.

Awalnya aku berniat belajar planning adalah membuat kawasan wisata, but since I got only C+ on Tourism Planning subject, cita-cita itu pun kukandaskan!! Entah kenapa, walaupun aku bukanlah seorang environmentalist, bukan orang yang cinta-cinta banget sama lingkungan (masih tidur pake AC dan belum melaksanakan 3R secara maksimal), tapi aku ingin bisa menjadi environmental planner. Aku bisa membangun kawasan yang profit oriented, tapi nggak lupa sama lingkungan, kesesuaian lahannya. Dan aku tau, di depan sana, stake holders nggak akan seringan itu untuk kuhadapi. Aku harus lebih banyak belajar. Nggak hanya teori, technically, tapi juga soft skill, berhubungan dengan masyarakat dan lingkungan. Dalam agamaku juga sudah diajarkan untuk berhubungan baik selain dengan Tuhan juga dengan sesama manusia dan lingkungan.

Pertanyaanku, apakah aku harus menjadi environmentalist untuk menjadi seorang environmental planner?

Dan hal yang kupelajari, “We cannot see the future but we can make plans for the future,”

 

This post is dedicated to :

Bli Agung Putradhyana,

my housemates NGP Diah Padmarani & Danar Wiyoso,

my friends in Geluntung village, 

my bestfriends Abdul Jabar & Kartini,

and also for MY FUTURE...

 

"Always respect nature and culture for a better future…"

 

FOR THE FUTURE
将来 の ため に

FOR LIFE!!!
生活 の ため に!!!


15 comments:

  1. hahahaa... yeah finally... but not the final XP XP XP

    ReplyDelete
  2. akan lebih bijak mgkn kalau begitu....setidaknya buat diri sendiri dulu, klo emg ga bisa ke lingkungan yg lebih luas

    ReplyDelete
  3. menurutku begitu...
    karna hanya akan jadi omong kosong jika ngomong tentang rencana sesuatu yg environmental tanpa tau bagaimanakah hidup dengan lingkungan...ntar dibilang munafik..hehe

    ReplyDelete
  4. hahaha... sip sip mas
    lagian aku juga nggak berani ngomong/berbuat apa-apa kalo aku nggak tau dan di luar kapasitasku
    lingkungan vs pembangunan itu kan emang bidang kita ^^

    ReplyDelete
  5. HEAL THE WORLD
    ^___________________________________________^

    tapi pinku
    gwe bingung dari dulu
    tenaga listrik bisa habis ga sih?
    kalo bisa habis e-motor berarti boros juga kan?
    lalu apakah tenaga listrik berasal dari petir?

    ReplyDelete
  6. hukum kekekalan energi, energi nggak bisa habis, termasuk energi listrik
    yang bisa habis adalah sumber energi untuk membangkitkannya itu ^^
    itu yang perlu dilestarikan
    walah, dari petir?? bisa aja sebenernya
    tapi keberadaan petir kan nggak continue, nggak terus-terusan ada ^^
    gitu yodhi-kun

    ReplyDelete
  7. eits yang diatas dari tenaga surya
    tapi pinku,
    bukankah alat (kacanya) yg untuk menangkap surya bukankah mahal?

    ReplyDelete
  8. iya sih
    itu dia yang jadi masalahnya
    panel surya masih mahal
    bahkan lebih mahal dari mocin-nya lho!!

    ReplyDelete
  9. jadi tuh e-motor berapa tuh?
    yang jadi problema dari dulu kan harga panel surya itu...
    tapi
    alat yang memakai panel surya hanya bisa dipakai kalo ada mataharinya aja kan?

    ReplyDelete
  10. nice post. keep ur spirit and ur big idea as enviromental planner.
    i hope that spirit not just for now, but ever after.
    coz not all of planning students can hold on their idea, when they must face their path of life

    ReplyDelete
  11. itu mocin kira-kira 5juta kayanya...(more or less deh) tapi panel suryanya mungki 12. hahahah... mantabb kan? emang harus ad inovasi yang bikin dia jadi lebih ekonomis.
    hmmm... bukan gitu juga, kan panel surya itu untuk nangkep solar energy-nya, sama fungsinya dengan charge, kalo batre penuh, tancap aja walopun mendung ^^

    ReplyDelete