Saturday, February 27, 2010

Festival Liong di Pekan Kebudayaan Tionghoa Yogyakarta V




Oyeah, hari ini segala rencana berjalan lancar, termasuk nonton puncak acara Pekan Kebudayaan Tionghoa V di Jalan Malioboro. Menu utamanya, jelas atraksi Liong (naga) yang konon terpanjang se- Asia Tenggara, 130 meter lho! (bener atau nggak-nya silakan dicek sendiri)

Dan seperti biasa, kalau ada festival, jalan ini ditutup untuk kendaraan, jadi seneng, bisa sliwar-sliwer di jalan paling kondang di Jogja ini tanpa kawatir bakal keserempet mobil. Sayangnya, kendaraan tradisional seperti becak dan andong nggak dicegat, jadi tadi aku sempet hampir ketabrak moncong kuda!!! *nguik*

Mulai jam 5 sore, warga sudah memadati jalan malioboro. Semua antusias dan penasaran, semuanya tumplek di sini. Nggak peduli umur, status social, agama dan etnis. Yang cina dan pribumi pun campur baur nonton festival ini. Entah kenapa, aku mulai ngerasa sedikit sentimental melihatnya. Yah, Indonesia, dengan segala keragamannya, yang pribumi maupun pendatang, semuanya punya hak untuk dapat apresiasi terhadap budayanya. Aku rasa Jogja memang layak untuk dapat gelar Kota Budaya, walaupun secara tourism masih kalah jauh dari Bali. Tapi keragaman budaya yang terdapat di Jogja bisa dibilang benar-benar kaya. Yang menarik juga, di tengah tengah parade cina-cinaan ini, terselip kontingen dari Palu. Palu gituuu? Hehehe, aku memang punya kenangan dan kesan tersendiri sama kota ini sih. Ya, walaupun nggak sesuai tema, tapi oke lah… kita apresiasi keberadaan mereka yang memperkaya dan meramaikan acara ini.

Yang menarik di acara ini jelas parade barongsay dan liong dunk!!! Berbagai macam barongsay memamerkan kebolehannya, dari yang besar sampai barongsay yang kecil dan imut-imut, dimainkan sama anak-anak pula, aiiihh… Terus ada juga yang bagi-bagi kue keranjang, dan LUCKY, aku dapat satu!! Moga-moga jadi keberuntunganku. Hehehe… Ada juga atraksi tari kreasi baru, akulturasi Jawa dan Cina dari sanggar tari terkenal di Jogja Natya Lakshita (Didik Nini Thowok) dan Djaduk Ferianto. Ada-ada aja deh kreasinya. Ada juga arak-arakan becak yang dihias dengan bentuk 12 shio, kayak ondel-ondel gitu, sayangnya secara estetik menurutku kurang bagus dan nggak imut (terlihat serem malah). Yang nggak kalah menarik, ada atraksi jatilan ampyang, yang dimaenkan sama anak-anak keturunan cina. Duh, kawaii-kawaii bener lho mereka.

Atraksi utama, arak-arakan Liong terpanjang se Asia Tenggara muncul. Emang bener, tuh liong gede banget. Sampe satu tiang dibawa sama 3 orang, dan kami hanya bisa melongo lihatnya. Waaah, kereen!! Tapi yang bikin aku seneng bukan soal Liongnya, tapi yang mbawa, duh akang-akang itu… kaya anak-anak boyband semua!! Ohohoho… *ngiler*

Selesai lihat pawai, aku dan teman-teman pun menyerbu Ketandan. Ini adalah salah satu kampong pecinan (China Town) di Jogja. Walaupun pas hari biasa jalan ini Nampak sepi-sepi aja, tapi sejak pecan kebudayaan dibuka, kampong ini ruame banget. Semalem sampai kami haru sesak napas waktu masuk kesini. Ada macem-macem yang dijual, mulai makanan, pernak-pernik cina, pameran mi, jasa ramal, karaoke, stand bank, panggung budaya, sampai penjual ular!!! Seru banget. Waktu lihat di panggung, ada yang nyanyi ala boyband gitu juga lho, howaa… terus ada simbah-simbah yang dengan lincah dan pedenya nyanyi berbagai macam lagu, dari lagu cina, sampai campur sari, dan dia juga sempet duet sama sang maestro tari Didik Nini Thowok. Kocak banget!!!

Ah ya ah ya, setelah acara ini selesai, kira-kira jam 22.00, ada pesta kembang api. Bagus banget!!! Kembang api awalnya kecil-kecil, terus ada yang besar, dan langit jadi terang benderang, walaupun bunyinya kaya ada bom. Hehehe... I do really love fireworks!!! (foto hanabi menyusul ya)

Yeah, once more, this event makes me proud to be citizen of Jogja....

Jogja, nggak hanya sekedar kota pelajar, kota gudeg, kota budaya dan apapun sebutannya itu, tapi Jogja merupakan daerah yang bener-bener istimewa, dengan segala khas budayanya, kehidupannya.

At last, selamat datang tahun macan!!! Semoga tahun ini segalanya lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya!!!


PS: I'm so sorry for the blur pictures, my camdig is not too good for night shots...

11 comments:

  1. owh ini toh yang bikin pada ngumpul-ngumpul di pinggir jalan tadi itu

    abis keluar dari mall, heran ngeliat banyak orang nongkrong dipinggir jalan kayak mau liat karnaval
    ternyata beneran ada toh

    ReplyDelete
  2. kalopas ada event gini mesti sy di luar kota.
    iki toh hongkong sedotan

    ReplyDelete
  3. ya amplop...6 tahun pernah hidup di jogja ga pernah lihat event kayak gini

    ReplyDelete
  4. nach kan. yang ini bikin ngiri aja. hoadoh kapan yak bisa punya rumah di jogja hikhik

    ReplyDelete
  5. Dewa: lah? Jadi kamu ga liat parade liong-nya? Duh sayang bgt.. Tuh aku bagi poto2nya aja deh. Taun depan nonton lah!

    Mas Gembili: anda sedang tidak beruntung merasakan hongkong di jogja pake sedotan buntu. Hahaha!

    Mb Ary: hehe,padahal ini anually event dan ini adalah tahun ke5nya lho! Hehe,amin,mg2 dapet cowo org jogja mbak^^v

    ReplyDelete
  6. aminnnnn...ente emang adek yang baek hihihi

    ReplyDelete
  7. hahaha... imbalannya tar doain balek ya mbak ^^

    ReplyDelete
  8. ya enggak lah...
    abis sampe rumah, kedengaran dari jauh suaranya

    ReplyDelete
  9. yak saya kelewatan acara ini taun ini. baru pulang ntar sore soale

    ReplyDelete
  10. Wah, okaeri kakak..sayang skali melewatkan event ini..

    ReplyDelete