Sunday, April 25, 2010

Be Proud to Be Part of FIAGRA

Terinspirasi dari posting temenku, Nube, tentang sebuah klub bernama FIAGRA.

Yup. FIAGRA. Sepintas dari namanya, kesannya sedikit mesum dan nakal-nakal gimana gitu. Mengingatkan pada salah satu jenis obat kuat yang efeknya bisa bikin cewe hamil kalo nggak pake pengaman. Hahaha... Halah, kok malah aku ikutan ngaco. Hehehe... yayaya... I will introduce you to one of my community, FIAGRA, FIlm Anak GRAfika. Yep, a club of movie making and movie appreciating.

Banyak hal yang aku dapat dari bergabung sama klub "terkutuk" ini. Kenapa terkutuk? Anggota klub ini terkutuk jomblo!!! Kalo yang jomblo, bakal lama menjomblo, yang punya pacar putus. Dan aku pernah kena! 2 kali pula! OH~

Ini adalah klub film, tempat dimana makhluk-makhluk sejenis denganku berkumpul, dan melakukan hal-hal gila. Nggak semua berkaitan dengan film, tapi kami menikmatinya sebagai sekelompok sahabat yang menghabiskan waktu bersama. Mengapresiasi karya atau menghasilkan karya. Semua dilakoni bareng. Dan bersama mereka, aku merasa mendapatkan tempat untuk menjadi diri sendiri dan belajar banyak hal.

Belajar menghargai pendapat orang lain.

Mengendalikan emosi.

Bersatu dalam meraih tujuan (go to hell individualism)

Mencintai sesama (dalam arti yang sebenarnya, haahaha...)

Menyelesaikan segala intrik dan kosnspirasi dalam organisasi (heleh, bahasane)

Dan yang jelas, menambah pengetahuan teknis membuat film.



A STORY BEHIND THE SCREEN

FIAGRA goes to the zoo
(location: Gembira Loka Zoo, Yogyakarta)

Inilah formasi awal waktu aku baru masuk FIAGRA. Ups! Waktu itu aku iseng-iseng pake seragam SMA waktu FIAGRA GOES TO GEMBIRALOKA. Sialnya, masa aku masih semester 1 tapi wajahku nggak cocok lagi pake seragam SMA?? かわいそ...

Yayaya, ini bisa dibilang sebagai FIAGRA fase bahagia, karena setelah ini muncul berbagai konflik internal yang semua berakar dari masalah hati (cinta). Wew....paling nggak suka nih, kalo masalah pribadi jadi masalah organisasi. Tapi yang terpenting, produksi film tetep jalan. OSH!


After event: premiere HTM8K
(location: Taman Budaya Yogyakarta)

Inilah suasana habis premiere film HTM8K (directed by me and Honas Firdaus). Hahaha... sialnya ni film sering dibilang proyek cinta. Ah, tapi cuek aja lah. Baru kali ini aku belajar produksi film dari pra-produksi, produksi, sampai pasca-produksi. KOMPLIT!

Dari diskusi alot penentuan tema sampai bikin skenario, lanjut ke proses shooting dan editing, terus membawanya ke layar lebar. Ahhh... kerja keras yang nggak bakal terlupakan. Tentunya ada orang-orang hebat di balik itu. Orang-orang yang sama-sama mau belajar hal baru. Yak inilah mereka!!! Ah, beberapa nggak ikut di foto ini karena masih tugas. Huff... tapi yang jelas, hasil kerja keras dan kekompakan kami nampak di event ini. Capek sih, tapi senang!!!


Berbenah basecamp
(location: Lower Ground BEM FT UGM)

Markas kami berantakan banget!!! Dan beberapa periode sekali ada acara bersih-bersih FIAGRA. Seru lho!!! Di situ kami nggak hanya nemu harta karun warisan senior-senior (berupa dokumen-dokumen lama, biasanya sih formulir pendaftaran dengan foto-foto senior waktu masih cupu), tapi juga nemu barang-barang yang bisa di-reuse (atau di-recycle sekalian) hahaha!!!

Selain itu kami kalau ngumpul-ngumpul juga suka mbahas isi buku curhat. Ceritanya macem-macem, mulai dari masalah kuliah, uang kiriman, kost, pertemanan, sampai cinta-cintaan, pokoknya semua komplit! Tapi kadang buku curhat suka dipake buku rapat juga sih. Hm...sekarang masih ada nggak ya?? Wah, nasib curhatan-curhatanku dulu, malu juga kalo dibaca, so childish banget deh...

Ah, kebetulan waktu berbenah ini ada yang ulang tahun, Bangge kalo nggak salah. Asik banget, kami ditraktir!!!


FIAGRA as Sie Apresiasi SPUTNIK 2007
(location: KPTU Fakultas Teknik UGM)

Sedikit flashback, aku punya background yang cukup lah buat masuk dalam klub ini. Dan sebenernya, salah satu alasanku masuk ke fakultas teknik, selain menganggap anak teknik itu keren, adalah keberadaan klub ini. Waktu SMA aku pernah dikasih tau sama senpai-ku kalau di teknik ada klub film, dan karena hasratku sama film saat itu lagi menggebu-gebu, maka aku pun sangat sangat sangat tertarik sama klub ini.

Salah satu karya mereka yang membuatku semakin tertarik adalah film ospek 2005 (ospekku), judulnya Tabrak Aku Sekali Lagi, yang maen Mas Lucas (Tatib, Sipil 2002) sama Toetz/Liya (Sie Apresiasi, Nuklir 2004). Ni film lucu abis. Ngakak sampe guling-guling dah liatnya… dan…ehm, ada beberapa candid shot aku (gwak gwak gwaaak!!). Tapi beneran, aku belum pernah lihat film indie yang ceritanya nggak absurd, nggak surealis, segar banget, and I want to be part of it!! Dan impianku terwujud setahun kemudian, jadi salah satu anggota sie apresiasi, dan menjadi kru film ospek. Tapi tebak jadi apa aku?? Nope, not as an editor as usual, but I became an actress!!!

Yah, inilah salah satu aibku, jadi artis di film ospek 2006. Bagi kalian yang punya temen anak teknik 2006 (yang ikut ospek pastinya) pasti pada tau dah sama bentuk ngacoku di film dokumentasi ospek mereka *sigh*. Aku menyamar sebagai maba (mahasiswa baru), dengan nama yang sama tapi jurusan yang beda. Tau kenapa? Aku anak Jogja, dan sekolahku dulu di negeri semua, dijamin banyak yang udah kenal. Sangat mencurigakan!!

Untungnya di tahun depannya lagi aku bisa naik pangkat, jadi editor, uhuy, posisi impianku nih, jadi editor untuk film ospek! Kerja untuk film ospek buatku punya seni yang unik. Jam kerja yang gila-gilaan, ditambah sama tekanan deadline. But as usual, the deadline always make us more creative (hehehe…teknik ngeles). Baru kali itu aku ngedit hampir 18jam nonstop selama 2 hari, bersama juniorku cewe juga, kami ngedit sampai hampir kissing sama monitor. Dan beruntungnya tuh film sukses juga (FYI, aku juga jadi cameo di film ini, tapi please kalo anak teknik 07, jangan lihat lagi deh, malu aku)


Tekken pose mode ON
(location: Kraton Ratu Boko, Yogyakarta)

Ngomong-ngomong soal foto ini?? Kayanya ini diambil seeblum ospek 2007 deh. Lama juga ternyata. Atau sebelumnya? Sesudahnya?? Ah, lupa juga....

Kangen sama kalian, teman-teman. Udah pada kemana aja? Kapan itu aku menyambangi FIAGRA tapi sepi krik-krik... apa timingnya nggak pas ya? Hey, kalau ada kesempatan lagi, bikin film lagi yuk! It would be fun if I work with you all!!!


"Be proud to be part of FIAGRA..."
(Febrina Nurul Arini)

6 comments:

  1. aku cinta film
    tapi dulu kok ga kepikiran ikut komunitas ini ya haha

    ReplyDelete
  2. bisa juga sih, tapi artinya laen
    hahahahaha

    ReplyDelete
  3. wah..mbak ternyata anak fiagra ya..salam kenal;-)

    ReplyDelete
  4. anak fiagra juga?? angkatan berapa??
    hehehe... udah lama sih aku nggak aktif di fiagra
    temen2 dah pada lulus pula

    ReplyDelete