Monday, September 28, 2009

kitchen.

Rating:★★
Category:Books
Genre: Literature & Fiction
Author:Yoshimoto Banana
Once again, saya tertarik sama novel jepang karena sampulnya. Simple, eye catching dengan warna menarik, dan gabungan doff-glossy. Tambah lagi, kertasnya ringan, seperti kertas di novel-novel cetakan luar. But the quote, "Don't judge a book by its cover" is now right.

Di awal cerita, dekripsi karaker yang sangat detail bisa membuat saya tergiring untuk mengikuti sudut pandang karakter utama.

Mikage Sakurai, seorang gadis yang baru saja ditinggal neneknya meninggal dunia. Sejak kecil dia dirawat neneknya setelah kedua orang tuanya tiada. Hari-harinya terbiasa dilalui bersama neneknya di sebuah apartemen di Tokyo. Setelah neneknya meninggal, Mikage merasa sangat kesepian. Hari-hari sepinya dilalui di dapur, bahkan sampai tidur pun di dapur. Mikage sangat mencintai dapur. Dalam satu rumah, yang ia lihat pertama kali adalah dapurnya.

Ia pun kemudian berkenalan dengan Yuichi Tanabe, pemuda kenalan neneknya di toko bunga. Laki-laki inilah yang membantunya pada prosesi pemakaman neneknya.

Tak lama kemudia, Yuichi mengajaknya tinggal di apartemennya, bersama dengan "ibu" kandungnya, Eriko, perempuan transgender yang sebenarnya ayah kandung Yuichi.

Di rumah barunya, dengan segera Mikage jatuh cinta pada dapur rumah keluarga Tanabe. Piring-piring khusus, alat memasak khusus yang baru buatnya. Di sana pula ia mencoba resep-resep baru. Ia pun merasakan hangatnya "keluarga" itu selama 6 bulan.

Tak lama setelah ia pindah, ia menerima berita bahwa Eriko meninggal dunia. Mikage berusaha menghibur Yuich,mengajaknya jalan-jalan dan makan di luar. namun tiba-tiba mereka saling menjauh. Hubungan mereka menjadi tak tentu.

Dalam jarak dan kesedihan itu, mereka pun menyadari ada sesuatu di antara mereka...

Oke, reviewnya sampai situ saja. Yang jelas, di akhir kisah ini, cerita berjalan sangat cepat. Kurang seimbang dibanding dengan alur awalnya yang lambat. Seperti di-fast forward setelah kematian Eriko. Cerita seperti buru-buru ingin segera sampai ke ending. Ahh... kurang puas...

Tapi overall, seperti kebanyakan novelis Jepang, detailnya boleh juga, uncommon love in uncommon situation, twisted!

4 comments:

  1. Thax! Kyaknya bkal nambh koleksi niy.. penerbitnya apa?

    ReplyDelete
  2. YUUP!!! penerbitnya KPG kayanya, punya gramedia (kalo ga salah)
    seperti di gambar, sampulnya sangat eye catching kok

    ReplyDelete
  3. sms aja kalo kamu dah menyelesaikan novel2 yang lain ^^v

    ReplyDelete